Istilah Staycation Semakin Populer, Apakah Artinya?


Sobat Traveler,

Sebenarnya, sebelum saya mendapatkan pengertian lengkap tentang apa itu staycation, saya sudah dulu membuat postingan tentang Staycation di Fave Hotel Braga Citywalk Bandung - Beruntung dan Seru.

Simple-nya saya dulu mengambil istilah tersebut dari kata stay dan vacation yang berarti stay=tinggal atau menginap dan vacation=liburan. Jika digabungkan, kata tersebut bisa berarti liburan yang serasa tinggal di rumah. Mungkin ada benarnya juga ya, sob.

Dalam kamus merriam-webster, satycation berarti a vacation spent at home or nearby. Sedangkan dari website practicalmoneyskills.co.id, staycation yaitu tipe liburan yang hemat tanpa meninggalkan kota atau negara kamu. Jadi, kamu masih bisa menghemat biaya jutaan rupiah untuk tiket pesawat dan penginapan dengan berlibur di dalam kota dan menghabiskan waktu di dekat rumah sambil menikmati kegiatan murah di daerah kamu.

Masih di sumber yang sama, ada tips untuk kamu yang berencana untuk ber-staycation:

  1. Pilih kegiatan-kegiatan yang berbiaya rendah. Karena, kesenangan tidak bisa diukur dari besarnya pengeluaran untuk melakukan suatu hal. 
  2. Cek tempat-tempat terdekat yang bisa kamu kunjungi dan pertimbangkan biaya perjalanan hariannya. Dengan begitu kamu bisa menikmati tempat-tempat tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya menginap. 
Di sumber lain, di glasrium.org, staycation adalah jenis traveling murah meriah karena tidak membutuhkan banyak biaya. Jika kamu melakukan jenis travel staycation ini, kamu hanya perlu menjelajahi lingkungan di sekitar rumah yang menarik untuk menjadi spot traveling.

Tapi, menurut saya, ada penjelasan yang lebih lengkap lagi dari istilah staycation ini, yaitu yang saya dapatkan dari englishforsma.com, bahwa staycation ini awal mulanya populer di Amerika Serikat sekitar sepuluh tahun yang lalu. Staycation merupakan portmanteu dari kata stay (stay-at-home) dan vacation yang berarti liburan tanpa bepergian, dan sebagai gantinya menghabiskan waktu di rumah dengan beberapa aktivitas. Dalam staycation ini, kadang-kadang orang juga menghabiskan waktu dengan pergi ke luar, meskipun tak jauh dari rumah dan masih di kota yang sama.

Masih di sumber yang sama, dijelaskan bahwa orang amerika melakukan staycation atau menghabiskan liburan tanpa bepergian jauh adalah dengan mengunjungi museum, bersepeda, nonton film, belanja, baca buku, berlatih yoga atau senam, mengadakan barbeque, menonton pertandingan bola, dan lain-lain. 

***

Nah, Sobat Traveler, ternyata itulah pengertian staycation yang lebih lengkapnya. Akhirnya dengan membaca beberapa sumber saya menjadi tahu apa arti dan dimana istilah staycation ini berasal. Semoga bisa menambah pengetahuan juga bagi Sobat Traveler yang memang hobi ber-traveling dan ingin tahu tentang istilah-istilah traveling tersebut. 

Happy Staycation!

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hiking ke Gunung Karang, Bisa Sambil Berkemah dan Belajar Sejarah

Wisata Religi ke Batu Quran Pandeglang Banten

Travel Blog Indonesia Untuk Kita Semua

Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan