Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

Persiapan memanggang ikan di warung depan Hotel Jayakarta
Persiapan memanggang ikan di warung
depan Hotel Jayakarta
Sobat Traveler,

Kenapa Pantai Bandulu ini lebih mantap dikunjungi pada malam hari? Karena, menurut saya hal ini berhubungan dengan pemandangan pantainya dan beberapa kegiatan yang asyik dinikmati pada malam hari.

Jika di posting-an saya sebelumnya, saya menceritakan tentang 4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer, ternyata ada banyak hal seru lain yang bisa kamu lakukan di pantai yang dekat dengan Hotel Marbella dan Jayakarta Anyer ini.

Jadi, kalau sebelumnya saya sering trip ke pantai ini saat weekends dan biasanya segera pulang sebelum sore atau menjelang petang, trip saya kali ini, saya sengaja datang ke pantai yang sering menjadi spot surfing ini setelah sunset. By the way, sebenarnya tujuan utama saya adalah untuk bersilaturahmi ke seorang teman yang memang bertempat tinggal di dekat pantai ini. Profesinya sebagai lifeguard dan juga pemandu surfing yang selalu stand by di Hotel Jayakarta dan Pantai Bandulu.

Pemandangan Malam Pantai Bandulu

Hotel Marbella, Jayakarta, dan Mercusuar - Anyer
Nah, setelah makan malam, sambil ngobrol-ngobrol dan minum kopi plus merokok, akhirnya muncul ide untuk nongkrong di pantai saja sambil menikmati pemandangan pantai di malam hari. Kebetulan, udara saat itu lumayan sejuk dan bulan terlihat terang.

Jam 9 malam, kami bertiga mulai start menuju Pantai Pasir Putih Sirih agar mendapat beach view Pantai Bandulu dari kejauhan. Dan, Masya Allah, ternyata dari kejauhan terlihat jajaran kerlap kerlip lampu dari Hotel Marbella, Jayakarta, Mercusuar Cikoneng, dan bangunan di sekitarnya serta lampu petromak dari perahu-perahu nelayan yang sedang mencari ikan. Superb!!!

Swear, Sob. There was nothing I could say to describe the night view of Bandulu Beach. I just stared at and enjoyed it. Lama kami berada disini, melihat pemandangan malam pantai sambil duduk-duduk di bangku pohon kelapa yang ada di pantai ini dan sesekali duduk di bebatuan pinggir pantai. Tidak lupa kami juga sambil menikmati snacks dan sofdrinks. That was so memorable moments!!!

Jangan takut dengan kejahatan ya, Sob. Karena, di pantai sirih ini juga ada penjaga dan beberapa masyarakat yang biasanya beraktifitas sampai malam. Entah untuk menjaga pantainya itu sendiri, memancing, membuka warung, dan kegiatan yang lainnya. Lampu-lampu pantainya juga cukup terang untuk kamu duduk-duduk di sekitar pantainya. Makanya, lebih nyaman lagi kalau kamu punya teman atau berkenalan dengan anak pantai sini. Jadi, lebih tahu seluk beluk pantainya.

Memancing dan Spearfishing

Mancing dan Spearfishing Spot
Sebenarnya, selain menikmati pemandangan malam, bagi yang hobi memancing, cocok juga dilakukan di sekitar pantai ini.  Karena, sebagian pantainya yang berkarang menjadi tempat tinggal banyak ikan yang bersembunyi di balik karangnya. Malah di 4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer, saya menceritakan tentang spearfishing juga.

Nah, bagi kamu yang tidak terlalu sabar untuk memancing dan ingin cepat mendapat ikan, Kamu bisa melakukan spearfishing. Spearfishing ini adalah salah satu cara memancing ikan dengan menggunakan tombak atau spear. Sebenarnya spearfishing juga termasuk ke dalam jenis olahraga air ya, Sob, karena alat yang digunakan berupa senapan tombak atau speargun. Menurut cerita dari teman, spearfishing ini lebih seru dari memancing, karena kamu harus mencari ikan dengan cara menyenter karang laut, kemudian membidik ikanya agar tepat sasaran, dan menombaknya. Malah, menurut dia, saking serunya melakukan spearfishing, dia terkadang menghabiskan waktu sampai jam 3 pagi. Setelah ikannya terkumpul, barulah dia makan dengan cara memanggang-nya di pantai atau dibawa ke rumah. Bagi sebagian orang, hasil dari spearfishing ini bisa juga dijual ke pedagang ikan setempat.

Memanggang Ikan

Memanggang Ikan Menggunakan  Batok Kelapa
Memanggang Ikan Menggunakan
Batok Kelapa
Setelah puas di Pantai Pasir Putih Sirih ini, kami menuju Pantai Bandulu yang berada di depan Hotel Jayakarta. Oh ya, sebelumnya, ternyata teman saya sudah mempersiapkan dua ekor ikan untuk dipanggang di pantai ini. Kami juga sempat mencari cumi segar untuk dipanggang juga, hanya saja cumi tersebut tidak kami dapatkan dari pedagang ikan yang masih berjualan sampai malam hari. Kami disarankan untuk membelinya langsung dari nelayan yang tiba di Pantai Bandulu sekitar jam 5 subuh.

Merasa terlalu lama, akhirnya kami hanya memanggang ikan saja. Sebenarnya ikan ini bukan untuk makan malam, ya, Sob. Hanya sekedar untuk cemilan saja ketika kami nongkrong di pantai. Ternyata beberapa warung di depan Hotel Jayakarta ini masih ada yang buka sampai 24 jam. Akhirnya, tikar dan panggangan masih bisa kami pinjam di warung tersebut. Minuman dingin-pun masih bisa kami beli tanpa harus mencari ke mini market atau warung di sekitar jalan raya.

Waktunya memanggang ikan!!! Beruntung banget ya, sob, orang yang rumahnya dekat dengan pantai. Karena, ikan yang didapat sudah pasti sangat segar. Ikan yang sudah kami panggang pun terasa sangat enak, gurih, dan tidak tercium bau amis walaupun tidak menggunakan bumbu apa pun.

Bermain Gitar

Bermain Gitar Sambil Menikmati Minuman Dingin
Bermain Gitar Sambil Menikmati
Minuman Dingin
Setelah memanggang ikan, kegiatan malam itu kami habiskan dengan bermain gitar sambil menikmati minuman dingin. Superb!!!

Sob, it was really enjoyable moments. Malam yang hangat kami habiskan sambil menikmati minuman dingin dan setelah capek memanggang ikan kami melepas kebosanan dengan bernyanyi-nyanyi dan bermain gitar.

Bagi kamu yang memang sering insomnia dan kebetulan sedang trip ke daerah Pantai Bandulu, menurut saya, nongkrong di warung pinggir pantai adalah pilihan yang tepat, seru, Sob! Pedagang atau orang di sekitar sini ramah-ramah, jadi bisa sambil berkenalan untuk teman mengobrol.

Jangan khawatir akan keamanan. Motor saya saja Alhamdulillah aman walaupun diparkir agak jauh dari sekitar hotel. Mungkin karena ada security hotel yang berjaga-jaga dan masyarakat sekitar yang aware terhadap pendatang.

***

Ok, Sob. Itulah pengalaman saya ketika mengunjungi Pantai Bandulu pada malam hari. Ternyata lebih indah, berkesan, dan mantap. Kamu akan bisa melihat pemandangan alam di malam hari, memancing atau spearfisihing, memanggang ikan, dan sekedar duduk-duduk di sekitar pantai sambil menghabiskan malam dengan bermain gitar dan menikmati minuman dingin. Superb!!!

1. numpang promote ya min ^^

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)