I felt Brainless When I was in Taman Pintar Yogyakarta

Lebih Efektif dan Efisien

Taman Pintar Yogyakarta
Taman Pintar Yogyakarta
Seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya tentang 7 Tempat Wisata di Dekat Jalan Malioboro, bahwa ada banyak sekali tempat wisata di sekitar Jalan Malioboro -- yang mungkin malah jumlahnya lebih dari tujuh tempat dari yang saya sebutkan di artikel. Karena, sewaktu saya datang ke Jogja, saya hanya mengunjungi sekitar tujuh tempat wisata tersebut, jadi hanya tempat-tempat itu yang saya sebutkan.

Kita sebenarnya tidak perlu jauh-jauh dulu untuk mencari tempat wisata di kota Yogyakarta. Agar lebih hemat dan efisien, kita bisa memilih satu titik dulu, kemudian mengeksplor tempat-tempat wisata di sekitar titik tersebut.

Contohnya di Jalan Malioboro. Jalan ini bisa dijadikan satu titik kedatangan, untuk kita bisa mengujungi tempat-tempat wisata di sekitarnya. Malah, jika kita memilih untuk stay di hotel sekitar malioboro, akan lebih efektif lagi. Kita bisa bolak-balik ke tempat wisata yang ada di sekitar sini, dan jika merasa capek, kita bisa beristirahat dulu di hotel, kemudian lanjut jalan-jalan lagi. Jadi akan lebih hemat, tanpa harus bergonta-ganti transportasi atau menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan. Karena, tempat-tempat wisata di sekitar Jalan Malioboro bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki, atau bisa juga menggunakan transportasi tradisional, seperti bentor, becak, atau delman.

7 Tempat Wisata di Dekat Jalan Malioboro, salah satunya adalah Taman Pintar Yogyakarta. Saya tahu tentang tempat ini dari teman, dan kemudian browsing untuk membaca beberapa artikel dan melihat foto-foto tentang taman ini. Dan, ternyata ketika saya datang, tempatnya lebih bagus dan lengkap juga.

 I felt Brainless in Taman Pintar

Taman Pintar Yogyakarta
Halaman Depan Taman Pintar Yogyakarta
Dari halaman depan, Taman Pintar Yogyakarta sudah membuat saya amazed. Ada sebuah jalur yang ditutupi oleh air mancur yang melengkung dari satu sisi ke sisi seberangnya. Agak badmood, karena saking banyaknya rombongan anak sekolah dan pengunjung lain, saya jadi tidak kebagian untuk berswafoto untuk mendapat view lengkap dari air mancur.

Tapi, sebenanrnya yang lebih menakjubkan, masih di halaman depan, adalah cetakan tangan dan kaki dari Presiden Pertama Republik Indonesia sampai yang incumbent. Saya jadi geli sendiri melihat ukuran dan bentuk setiap cetakannya. Kok ada ya orang yang mempunyai ide unik, menarik, tapi benar-benar penting seperti ini!

Saya malah paling senang dan paling lama melihat cetakan tangan dan kaki dari Prof. Dr. Ing. Dr. Sc. h. Bj. Habibie, Presiden ke-3 RI. Kenapa saya merasa senang? I didn't know it exactly, tapi mungkin karena saya jadi merasa berhadapan langsung dengan figur favorit saya ketika melihat cetakan tangan dan kakinya yang terlihat real.  

Masuk ke bagian pintu depan gedung, ada aquarium dan taman yang dipenuhi jenis-jenis dinosaurus. Dibagian dalam gedung oval, ada jalan melingkar yang dipenuhi oleh foto figur-figur penting dan sukses dengan informasi apa yang telah diteliti dan ditemukannya, seperti Avicenna (Ibnu Sina) yang berkontribusi di dunia kedokteran, Phytagoras salah satu tokoh matematika, Bj. Habibie yang dikenal sebagai Mister Crack, Tim Berners Lee yang menemukan jaringan global maya atau www, dan figur penting lainnya.

I just felt brainless for all this information, karena ternyata banyak ilmu pengetahuan, sejarah, dan penemuan penting yang saya belum tahu banyak. 

Tim Berners Lee
Tim Berners Lee, Penemu World Wide Web (www)
Disekitar area foto-foto figur ini dan di zona cuaca, iklim, dan gempa bumi yang paling banyak pengunjungnya, dan saya harus antri agar dapat membaca dengan jelas. Ada beberapa zona lain juga, di lantai atas, yang banyak pengunjungnya juga. Setiap zona biasanya tidak pernah sepi pengunjung, yang penting kita harus sabar mengantri karena banyak pengunjung yang ingin tahu juga tentang informasi apa yang mereka belum tahu.

Menurut saya, Taman Yogyakarta ini WAJIB dikunjungi jika kita berada di Yogyakarta. Taman ini cocok untuk berbagai usia, tidak hanya untuk usia anak sekolah saja. Karena, di taman ini banyak sejarah dan informasi penting yang mungkin sudah kita lupa juga. Dan di sini lah, kita mengingat kembali informasi dan sejarah tersebut, dan mendapat ilmu baru.

Ok, Travel Writer, inilah salah satu tempat wisata yang dekat dengan Jalan Malioboro. Karena lokasinya tidak terlalu jauh dari malioboro, jadi bisa dijangkau dengan hanya berjalan kaki atau bisa juga naik bus Trans Jogja dengan haltenya yang tepat berada di depan taman pintar ini. Jangan lupa datang ya, karena Taman Pintar Yogyakarta ini sangat penting untuk kita belajar.

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hiking ke Gunung Karang, Bisa Sambil Berkemah dan Belajar Sejarah

Wisata Religi ke Batu Quran Pandeglang Banten

Istilah Staycation Semakin Populer, Apakah Artinya?

Travel Blog Indonesia Untuk Kita Semua

Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan