Paket Komplit Wisata Alam dan Kuliner di Situ Cikedal


Sobat Traveler,

Ada lagi nih wisata alam berupa situ atau danau yang ada di Banten, yaitu Situ Cikedal. Lokasinya berada di Desa Babakan Lor, Kecamatan Cikedal, Pandeglang. Yang menjadi daya tarik utama dari situ ini adalah keadaan alamnya yang masih alami dan terjaga kebersihannya.

Situ Cikedal mempunyai luas keseluruhan 28.00 Ha. Walaupun demikian, kamu tidak harus mengelilingi situnya untuk melihat luas areanya. Cukup melihat dari satu sisi tempat ini, dan kamu dapat melihat keseluruhan area situ dengan cukup jelas. Tenangnya air situ dan hijaunya pepohonan yang mengelilingi situ ini, menjadi pemandangan yang dapat memanjakan mata kamu.

Menurut saya, situ ini sangat cocok sebagai tempat merilekskan badan dan pikiran. Suasana situnya sangat tenang dan damai. Memang, area situ ini berada di pinggir jalan raya, tapi suara bising dari kendaraan yang melewati area ini tidak terlalu mengganggu. Ada untungnya juga kalau situ ini dekat dengan jalan raya, jadi bagi kamu yang pertama kali mendatangi situ ini  tidak akan kesulitan untuk mencari lokasinya.

Situ Cikedal, Pandeglang, Banten
Situ Cikedal
Datang ke Situ Cikedal pada waktu pagi hari sangat disarankan, karena udara di sekitar masih terasa segar dan sejuk. Akan berbeda jika kamu datang pada waktu siang ataupun sore hari, udaranya akan terasa panas dan menjelang sore akan banyak wisatawan lokal yang datang ke tempat ini untuk nongkrong menghabiskan waktu sore. Tidak masalah memang. Hanya saja, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan spot foto yang bagus untuk background swafoto kamu.

Untuk segi keamanan, destinasi wisata favorit masyarakat Pandeglang ini sudah dilengkapi dengan pagar pembatas. Jadi, kamu tidak bisa seenaknya turun ke danau untuk berenang atau pun melakukan permainan air. Memang berenang di situ ini sangat tidak disarankan. Ketidakadaan petugas keamanan yang bertugas ataupun pihak yang berwenang menjaga situ ini  menjadi alasan bagi kamu untuk tidak melakukan aktivitas di air.

Tapi, jangan khawatir. Kamu masih bisa menikmati kealamian alamnya. Kamu bisa  langsung memarkirkan kendaraan kamu di depan pagar. Sambil menikmati keasrian alam di sekitar situ, kamu bisa sambil menikmati makanan dan minuman yang kamu bawa.

Kue Balok dan Susu Bandrek (Sudrek)
Kue Balok dan Susu Bandrek (Sudrek)
Lebih nikmat lagi, jika kamu membawa dan mencoba kuliner khas Pandeglang. Di dekat situ ini, ada warung makan yang menyajikan makanan dan minuman khas daerah ini, yaitu kue balok, otak-otak, minuman bandrek, dan susu bandrek. Harganya sangat terjangkau, hanya sekitar dua sampai lima ribu rupiah. Kamu bisa memakannya langsung di warung tersebut atau membawanya pulang.

Hanya kurang dari 5 menit untuk sampai ke warung ini dari Situ Cikedal. Warung Kue Balok Hj. Djamsinah yang beralamat di Jl. raya Labuan km.6, babakan, Cikedal ini menjadi tempat yang wajib didatangi untuk mencicipi kenikmatan kue baloknya.

Kue balok merupakan kue yang terbuat dari adonan singkong yang ditumbuk menjadi pasta. Setelah jadi, campuran serundeng dan awang goreng menjadi pelengkap ynag membuat kue balok ini semakin nikmat.

Ditambah lagi, jika dilengkapi dengan minuman bandrek. Dinginnya udara pagi atau aroma bandreknya menjadi minuman penghangat tubuh yang paling pas dan menenangkan. Untuk minuman bandrek ini, kamu bisa memesannya juga dengan campuran susu. Rasanya komplit, manis dan sedikit pedas.

Ok. Sobat Traveler, itulah pengalaman saya ketika mengunjungi Situ Cikedal dan mencicipi kue balok dan sudrek yang menjadi makanan dan minuman khas daerah ini.. Akhir pekan ini jangan lupa datang ya!!

Comments

  1. sepertinya terjangkau oleh dompet saya nih, next holiday ke situ cikedal aja deh

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hiking ke Gunung Karang, Bisa Sambil Berkemah dan Belajar Sejarah

Wisata Religi ke Batu Quran Pandeglang Banten

Istilah Staycation Semakin Populer, Apakah Artinya?

Travel Blog Indonesia Untuk Kita Semua

Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan