4 Tips Penting Anti Gagal Traveling


Halo Sobat Traveler,

Liburan panjang sudah di depan mata. Pasti banyak destinasi wisata yang sudah kamu rencanakan untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, gunung, museum, trip di sekitar kota, main-main di taman, berenang di kolam renang, sampai tempat - tempat wisata lainnya yang berhubungan dengan budaya dan sejarah.

Sob, traveling pasti membuat kamu semangat, karena selain untuk menyegarkan pikiran, traveling juga bisa menambah wawasan dan mungkin mendapatkan perspektif baru dari kehidupan yang sedang kamu jalani. Pokoknya, semua manfaat traveling bisa kamu dapatkan dengan baik, asalkan kamu juga ber-traveling dengan baik.

Apakah ber-traveling dengan baik itu? Maksudnya kamu datang ke tempat wisata yang memang kamu butuhkan, jangan asal have fun dan foto-foto saja. Kamu juga harus bersikap baik ditempat wisata tersebut dengan cara tidak sembarangan membuang sampah atau mencorat-coret bangunan wisata yang sedang kamu kunjungi.

Selain itu, kamu juga harus mendapatkan ilmu dari tempat yang kamu kunjungi. Bukan berarti harus datang ke museum aja ya, Sob, karena ilmu itu sifatnya umum. berinteraksi dengan orang yang kamu temui di pantai atau di transportasi umum pun bisa mendatangkan ilmu. Dan, yang terakhir, kamu pulang dengan hati yang senang. Tidak terbebani dengan suatu masalah yang timbul di tempat yang sudah kamu kunjungi. Karena, terkadang, bisa saja karena komunikasi yang kurang baik, kamu malah adu argumen dengan cleaning service yang  ada di hotel atau dengan pedagang merchandise saat tawar-menawar.

Nah, agar rencana traveling kamu nantinya tidak gagal dan mendapatkan banyak manfaat dari ber-traveling baik tersebut. Ada tips penting yang bisa kamu jalankan sebelum pergi traveling, diantaranya:

1. Kenali Tubuh Kamu Sendiri

Pasti kamu tahu apa yang membuat tubuhmu sakit. Apakah makanan pedas, minuman dingin, terlalu capek, atau kurang tidur. Semua penyebab sakit itu jangan sampai membuat rencana traveling kamu menjadi gagal. Beberapa hari atau beberapa minggu sebelum berangkat, kamu harus wanti-wanti untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang membuat tubuh kamu merasa tidak nyaman.

Kalau perut kamu mudah sakit karena makanan pedas, lebih baik tahan dulu untuk tidak memakannya ketika akan traveling. Atau, kalau kamu gampang terkena flu jika minum minuman yang mengandung es, semoga kamu bisa menggantinya dulu dengan minuman yang hangat atau yang tidak mengandung es.

Memaksakan untuk pergi traveling mungkin bisa saja, tapi pasti kamu tidak akan terlalu enjoy karena harus menahan rasa sakit. Apalagi jika kamu taraveling ke destinasi wisata yang lumayan jauh, seperti pengalaman saya Traveling Hemat saya Ke Bali yang memakan waktu tidak sebentar, pasti akan sangat  tersiksa jika saya harus menahan rasa sakit di perut atau hidung yang mampet karena flu.

Sehat itu mahal ya, Sob. Jadi, kesehatan adalah hal yang pertama yang harus kamu jaga, agar kamu bisa traveling dengan nyaman dan menyenangkan.

2. Tempat Apa Yang Kamu Butuhkan

Akan banyak sekali pilihan tempat wisata yang tersedia untuk kamu traveling. Tetapi, mengunjungi tempat wisata yang sesuai dengan kebutuhan kamu adalah hal yang sangat penting. Apakah kamu ingin relax di pantai, menikmati udara dingin di pegunungan, atau hanya menjadi moviegoer dan hunting kuliner saja. Semuanya tergantung apa yang benar-benar kamu butuhkan saat akan pergi berlibur.

Semakin tepat kamu memilih tempat wisata apa yang kamu butuhkan, akan semakin banyak kesan dan pengalaman yang mendalam dan seru yang kamu dapatkan setelah kamu kembali dari tempat tersebut. Mengunjungi Museum Benteng Vredeburg untuk menambah wawasan mungkin menjadi pilihan yang sangat kamu butuhkan daripada harus memaksakan untuk pergi ke 5 Pantai Dengan Sunset Yang Menghipnotis yang malah membuat kamu bingung harus melakukan apalagi di pantai.

Jadi, sebelum traveling, tanya ke diri kamu sendiri tempat wisata apa yang kamu butuhkan untuk liburan kamu. 

3. Quality Time

Apakah liburan kamu termasuk ke dalam short atau long holiday. Menurut saya lama engga-nya kamu liburan tidak berhubungan dengan kesenangan yang akan kamu dapatkan. Bisa saja dengan waktu liburan yang singkat atau hanya menghabiskan weekend saja kamu malah bisa merasa sangat puas dengan tempat wisata yang kamu pilih dengan tepat.

Dan, akan sangat merugikan jika liburan panjang kamu malah menjadi hal yang sangat membosankan karena kamu salah memilih tempat wisata dan akomodasi. Misalnya, One day trip di tempat wisata yang dekat daerahmu mungkin akan menjadi hal yang menyenangkan. Sepeti pengalaman saya One Day Trip Di Kota Tua Jakarta, lebih memberikan pengalaman yang berharga daripada saya harus memaksakan untuk traveling jauh dengan waktu libur yang hanya tiga hari.

Jadi, pintar-pintar lah memilih tempat wisata yang sesuai dengan waktu liburan kamu.

4. Uang Sama Dengan Traveling

Nah, hal terakhir ini adalah hal yang paling penting dari traveling kamu. Memang, ada beberapa buku atau artikel motivasi yang menyatakan bahwa jika kamu hanya memikirkan uang sebelum pergi traveling, kamu malah tidak akan bisa pergi kemana-mana. Jujur, saya belum bisa mengaplikasikan apa yang diyakini oleh beberapa orang tersebut. 

Karena, walaupun saya hanya datang ke tempat wisata yang bisa dibilang sangat murah dan dekat rumah, seperti pergi ke Wisata Religi Batu Qur'an PandeglangKampung Jamboe Pandeglang, Menarik dan Instagenic, atau ke Mercusuar Tertua di Indonesia, tetap saja setidaknya saya harus memikirkan uang untuk membeli tiket masuk dan bensin motor saya.

Walaupun, dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang saya sebutkan tadi, saya tidak menghabiskan uang sampai lima puluh ribu. Tetapi, mau tidak mau ada sedikit uang yang harus dikeluarkan, apalagi jika saya harus traveling ke luar kota. Pasti, harus mempersiapkan uang untuk biaya transportasi dan akomodasi. 

Jadi, uang ini yang menurut saya bisa membawa kamu ke tempat wisata mana saja yang kamu inginkan. Mungkin semakin banyak uang semakin jauh juga tempat wisata yang bisa kamu datangi. :-).  Walaupun, bagi sebagian orang atau traveler uang tidak menjadi hal yang pasti juga ya, Sob. Karena, banyak juga mereka yang malah bisa traveling sampai ke ujung dunia dengan keterbatasan keuangan.

Kapan-kapan deh saya coba untuk tidak memikirkan uang dulu untuk biaya traveling, dan langsung pergi saja ke tempat wisata yang saya mau. Jika nanti saya berhasil, akan saya ceritakan pengalaman dan tips-nya di blog saya ini :-).

***

Ok, Sob, Itulah 4 tips penting yang menurut saya bisa kamu pertimbangkan sebelum pergi traveling. Jadi, kamu akan bisa pergi traveling dengan aman, nyaman dan anti gagal jika kamu lebih memerhatikan keempat hal ini.

Happy Holiday and Traveling!

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hiking ke Gunung Karang, Bisa Sambil Berkemah dan Belajar Sejarah

Wisata Religi ke Batu Quran Pandeglang Banten

Istilah Staycation Semakin Populer, Apakah Artinya?

Travel Blog Indonesia Untuk Kita Semua

Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan