4 Tempat Wisata Budaya di Kampung Halaman Bapak Jokowi

Sobat Traveler,

Siapa yang tidak kenal Bapak Joko Widodo atau yang biasa dipanggil dengan nama Jokowi. Presiden ke-7 Indonesia ini mengawali karir politiknya sebagai Walikota Surakarta pada tahun 28 Juli 2005 sampai 1 Oktober 2012. Kemudian, beliau menjadi Gubernur DKI Jakarta untuk periode 15 Oktober - 16 Oktober 2014.

Tidak ingin mengulik perjalanan politiknya lebih jauh, ternyata di kota kelahirannya Surakarta, ada banyak tempat wisata terkenal yang dapat kamu kunjungi saat akhir pekan atau libur panjang. Surakarta atau disebut juga dengan nama Solo dijuluki sebagai kota Budaya ini menyimpan beberapa tempat wisata yang berhubungan dengan budaya dan sejarah juga. Nah, apa saja ya tempat wisata yang ada di Kota Budaya ini?

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta, ksmtour.com
Sobat Traveler, ini nih tempat wisata pertama yang harus kamu kunjungi saat berada di Surakarta, yaitu keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton yang merupakan Istana Kasunanan Surakarta ini didirikan oleh Pakubuwana II pada tahun 1744. Keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan dan masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini.

Keraton ini menjadi kebanggaan masyarakat Surakarta karena merupakan pusat budaya dan sejarah yang ada di Jawa Tenagh. Di dalamnya, terdapat museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kasunanan, benda-benda pemberian raja-raja Eropa, dan gamelan. 

Istana Mangkunagaran

Istana Mangkunagaran, travel.tribunnews.com
Istana Mangkunagaran mulai dibangun pada tahun 1757 oleh Mangkunegara I. Istana ini merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat kediaman para penguasanya. Istana ini buka setiap hari kecuali hari sabtu. Untuk tiket masuk wisatawan domestik sebesar Rp. 10.000 sedangkan untuk wisatawan asing sebesar Rp. 20.000. 

Berlokasi di Jl. Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131, Istana Mangkunagaran ini disebut juga sebagai Pura Mangkunagaran. Nama pura tersebut berasal dari bahasa Jawa yang artinya istana atau kerajaan. 

Taman Satwa Taru Jurug 

Pintu Masuk Taman Satwa Taru Jurug, kebumenekspres.com
Taman Satwa Taru Jurug menjadi taman satwa yang difavoritkan oleh keluarga. Taman Satwa Taru Jurug atau Kebun Binatang Jurug merupakan salah satu objek wisata di Kota Surakarta yang dibangun pada tahun 1878. Jadi, usianya telah ratusan tahun dan masih eksis sampai sekarang.

Kebun binatang yang buka dari hari senin sampai minggu ini mempunyai daya tarik selain beraneka ragamnya satwa, yaitu seperti tarian air mancur atau biasa disebut dancing fountain dan  taman lampion yang cantik, yang lebih seru kalau dikunjungi pada malam hari.

Berlokasi di Jl. Ir. Sutami No.109, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126, kebun binatang ini juga menjadi pusat konservasi yang berada di Solo. Tiket masuk pada saat Weekdays adalah  Rp. 20.000,00/orang dan saat Weekends seharga Rp. 25.000,00/orang.

Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang Surakarta, travelspromo.com
Taman Balekambang Surakarta terbagi dua yang diberi nama sesuai dengan nama kedua putri dari KGPAA Mangkunegara VII , yaitu Partinah Bosch dan Partini Tuin. Di bagian taman yang diberi nama Partinah Bosch merupakan hutan kota, sedangkan bagian taman yang diberi nama Partini Tuin merupakan kolam air.

Dahulu, taman ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Oleh karena itu, dua patung dari putri ini juga diletakkan di dalam taman. Taman yang terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta dengan area seluas 9,8 Ha ini dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap harinya.

Nah, Sobat Traveler, itulah empat tempat wisata di Surakarta yang berhubungan dengan budaya dan pastinya mempunyai cerita sejarah yang penting. Empat tempat wisata yang berada di kampung halaman Bapak Jokowi ini direkomendasikan untuk kamu sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya.  

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hiking ke Gunung Karang, Bisa Sambil Berkemah dan Belajar Sejarah

Wisata Religi ke Batu Quran Pandeglang Banten

Istilah Staycation Semakin Populer, Apakah Artinya?

Travel Blog Indonesia Untuk Kita Semua

Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan