Traveling ke Bali Untuk Menghadiri Ubud Writers and Readers Festival 2019

Sobat Traveler,

Bali menjadi destinasi wisata impian bagi semua orang. Bukan hanya kamu saja yang berada di Indonesia, tapi banyak juga wisatawan asing yang ingin datang ke Pulau Dewata yang dikenal mempunyai keindahan alam dan budaya yang luar biasa.

Selain keindahan alam dan budayanya, banyak juga acara-acara bertaraf internasional yang diadakan di Pulau Bali yang terkenal dengan Tari kecak, Tari Janger, dan Tari Barong-nya, salah satu acaranya adalah Ubud Writers & Readers Festival (UWRF). Acara yang mengusung pentingnya Sastra dan literasi ini menjadi acara yang sangat dibanggakan dan dinanti, bukan hanya oleh warga Negara Indonesia, tetapi juga oleh penulis, aktivis, pengamat dan pemerhati literasi dari berbagai negara di dunia. Jadi, apa ya acara UWRF itu?


Apa Itu Ubud Writers & Readers Festival?

Sumber:ubudwritersfestival.com
Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) pertama kali diadakan pada tahun 2004. Acara ini berkaitan dengan acara kesenian dan sastra. Jadi, di acara ini akan menyatukan banyaknya seniman, penulis, aktivis, dan pemerhati untuk berdialog tentang literasi dan lintas budaya. Ia menjadi sebuah wadah antara para seniman dan masyarakat untuk memberi dan mendiskusikan karya, inspirasi, dan gagasan yang berkaitan dengan dunia sastra, literasi, dan budaya.

Acara yang menjadi acara tahunan ini akan diadakan kembali pada tanggal 23 - 27 Oktober 2019, yaitu selama lima hari. Di UWRF 2019 ini akan menghadirkan beberapa program inti dan program pendukung, seperti workshop sastra, peluncuran buku, pameran seni, program untuk anak dan remaja, dan lain-lain.

Karma, Tema UWRF 2019, bali.bisnis.com
UWRF adalah proyek tahunan dari Yayasan Mudra Swari Saraswati. Dan, di tahun ini, UWRF bertemakan tentang Karma, dengan arti penyederhanaan dari keadilan yang dilayani. Bagi orang Hindu Bali, Karma Phala adalah prinsip spiritual bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi yang sama, dan bentuk yang serupa. “Karma Phala nak cicih” menggambarkan keyakinan; cicih berarti pasti dan cepat.

Berpartisipasi di Ubud Writers & Readers Festival 2019

Volunteer di UWRF, ubudwritersfestival.com
Sobat Traveler, ada beberapa cara untuk berpartisipasi dalam acara tahunan Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2019. Mengirimkan hasil karya sendiri berupa puisi dan novel adalah program utama untuk menjadi emerging writers di festival ini. Tapi, jika kamu ternyata tidak lolos untuk menjadi emerging writers tersebut, kamu masih bisa berpartisipasi dengan meluncurkan hasil karyamu sendiri melalui program book launches, atau menjadi volunteer untuk acara UWRF.

Semua program tersebut, menurut saya, dapat memberikan pengalaman seru dan bermanfaat untuk kamu yang memang senang dengan dunia literasi dan ingin menimba ilmu di dalamnya. Karena, selain pengalaman-pengalaman yang luar biasa tersebut, kamu juga akan bertemu dengan penulis-penulis dari Indonesia dan dari negara lain, seperti Faisal Oddang, Seno Gumilar, Lindy West, Lemn Sissay, dan lainnya.

Traveling ke Ubud - Bali 


Sobat Traveler, sepertinya festival ini memang cocok diadakan di Ubud yang merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, Indonesia. Kecamatan ini dikenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional. Selain itu, lingkungan dan tempat wisata di Ubud ini bisa menunjang meriahnya gelaran acara tahunan UWRF tersebut. Seperti apa ya lingkungan dan tempat wisata yang ada di sini? 

Hijaunya Lingkungan Ubud

Lingkungan Ubud yang Hijau, metrobali.com
Poin plus dari Ubud ini adalah lingkungannya berupa hamparan sawah yang hijau dan juga daerahnya yang ditumbuhi oleh pepohonan besar. Sehingga tempatnya menjadi lebih tenang dan sejuk, cocok untuk bersantai dan relaksasi. Jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang mungkin akan mengganggu aktivitas literasi, seperti membaca dan menulis.

Ditambah, tenangnya lingkungan Ubud ini banyak yang merekomendasikan-nya untuk berlatih Yoga. Banyak hotel atau pun hostel yang menyajikan Morning Yoga agar dapat menarik perhatian para wisatawan untuk datang. Oh ya, di Ubud ini banyak sekali hostel murah yang bisa kamu jadikan tempat menginap untuk dua sampai satu minggu, bahkan lebih.

Hostel Murah Ubud

Halaman Depan Hostel Ubud, kumparan.com
Bagi kamu yang ingin Traveling ke Bali untuk menghadiri UWRF 2019 atau pun hanya untuk berlibur, kamu bisa memilih hostel murah yang ramah di kantong kamu. Ada banyak pilihan hostel dengan range harga sekitar 80 - 120 ribu rupiah seperti Halaman Depan Hostel yang membandrol harga mulai dari Rp. 80.000 per malam. Hostel lain yang masih berharga kurang dari 130 ribu rupiah adalah, Ubud Budget Hostel, Laksita Hostel, dan Ngurah Hostel Ubud.

Tempat Wisata di Ubud

Walaupun kamu tidak ikut program di UWRF 2019, tapi menurut saya kamu masih bisa traveling ke Bali untuk merasakan atmosfer festival yang luar biasa ini. Disamping itu, kamu juga bisa sekalian berwisata di tempat-tempat wisata Ubud yang terkenal seperti:

1. Ubud Monkey Forest
Ubud Monkey Forest, infowisatalengkap.blogspot.com
Inilah tempat wisata di daftar pertama kunjungan kamu di Ubud, yaitu Ubud Monkey Forest. Sepertinya tempat wisata yang bertemakan hutan yang dipenuhi oleh monyet-monyet liar menjadi tempat wisata favorit para wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Tiket masuk ke tempat wisata ini adalah Rp. 80.000 untuk dewasa dan Rp. 60.000 untuk anak-anak.

Di sini, Sobat Traveler bisa melihat dan bermain bersama monyet-monyet liar yang mungkin sudah terbiasa dengan kehadiran manusia. Walaupun mereka tidak terlalu mengganggu, tapi kamu harus tetap hati-hatinya, ya. Memang sedikit kejadian bahwa monyet ini akan menggigit atau menggangu, tapi banyaknya laporan bahwa monyet ini bisa mengambil barang-barang yang kamu bawa, seperti snacks, kacamata, kamera pocket, dan barang-barang yang berukuran kecil lainnya.


2. Ubud Palace
Istana Ubud, traveltriangle.com
Ubud Palace atau Istana Ubud menjadi tempat wisata kedua yang saya rekomendasikan. tempatnya sepertinya masih berkaitan dengan hijaunya alam Ubud dan tentu sejarahnya.

Istana Ubud yang sekarang resmi dinamakan Puri Saren Agung merupakan bangunan bersejarah yang menjadi tempat tinggal keluarga Kerajaan Ubud. Jadi, kamu tidak hanya asyik-asyik berwisata saja ya Sobat Traveler, tapi dengan mengunjungi tempat ini kamu bisa tahu tentang peninggalan dan cerita sejarah yang ada di Ubud.



Nah, Sobat Traveler, itulah keseruan yang akan kamu dapatkan ketika traveling ke Bali untuk menghadiri acara UWRF 2019. Tidak hanya mendapatkan ilmu dan pengalaman baru di festival tersebut, tapi kamu juga akan merasakan hijau dan tenangnya lingkungan Ubud serta berwisata ke beberapa tempat di Ubud yang menjadi favorit para wisatawan domestik dan mancanegara.

Comments

  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hiking ke Gunung Karang, Bisa Sambil Berkemah dan Belajar Sejarah

Wisata Religi ke Batu Quran Pandeglang Banten

Istilah Staycation Semakin Populer, Apakah Artinya?

Travel Blog Indonesia Untuk Kita Semua

Pantai Bandulu Anyer, Lebih Mantap Dikunjungi Setelah Matahari Terbenam

4 Hal Seru Yang Ada Di Pantai Bandulu Anyer

Titik Nol Kilometer Anyer - Panarukan